Senin, 23 September 2013

Jam dan Tanggal di Oracle VM VirtualBox Selalu Berubah

BalonCoding sedang mencari cara agar bisa masuk ke BIOS Oracle VM VirtualBox (VirtualBox) yang guestnya ber-OS Windows XP, dan BalCod menemukan saran untuk menjalankan modifikasi pada VirtualBox. Ketika VirtualBox dalam keadaan "off" BalonCoding mencoba menjalankan perintah,
vboxmanage modifyvm "xp Clone" --biossystemtimeoffset 900000000
setelah itu VirtualBox di-start, namun tidak bisa juga masuk ke BIOS. Dan setelah googling beberapa saat, BalCod sadari bahwa BIOS untuk VirtualBox tidak ada seperti layar BIOS komputer normal. 

BIOS untuk VirtualBox adalah menu Settings pada setiap VM. Namun karena BalCod lupa mengembalikan offset yang telah terubah, akhirnya jam dan tanggal di-komputer guest, yakni di Windows XP, jamnya terupdate hingga tanggal 10-Okt-2013 jam 11:42, sedangkan hari ini adalah tanggal 23-Sep-2013 jam 13:42.

Pada awalnya, BalCod kira ini adalah perbuatan virus yang mengubah settingan waktu, karena setiap diubah ke tanggal yang benar, baru 2-3 detik waktu kembali menjadi tanggal yang salah seperti di atas.

BalCod googling lagi dengan keyword yang lain, tiba-tiba teringat perintah yang pertama di atas, akhirnya BalCod setting lagi menjadi,
vboxmanage modifyvm "xp Clone" --biossystemtimeoffset 1000
Akhirnya VirtualBox berjalan normal kembali, huff 

1 komentar: