Rabu, 02 Oktober 2013

Genymotion Tidak Bisa Start

Genymotion adalah kelanjutan dari AndroVM, yakni salah satu emulator untuk menjalankan sistim operasi android di PC / Laptop. Nanti deh, cerita lengkapnya si Geny ini dibahas.

Sebelumnya, BalonCoding sudah menggunakan Eclipse  Kepler sebagai IDE untuk menjalankan Android Virtual Device Manager. Namun, BalCod merasakan penggunaan Android VDM berjalan lambat, sehingga memutuskan untuk mencoba mencari alternatif lain.

Untuk saat ini, BalCod menjumpai 2 emulator yang bisa dicoba, yakni Genymotion dan Android Studio. Nah, Genymotion ini bisa didownload di http://www.genymotion.com yang sebelumnya kita perlu daftar di web ini.

Setelah berhasil didownload (115 MB) dan diinstall, maka tampak sudah wujud dari Genymotion. Pada saat diklik "Play", dilanjutkan tahap Initializing dan Starting virtual device, muncullah pesan
The Genymotion Virtual device could not obtain an IP address.For an unknown reason, VirtualBox DHCP has not assigned an IP address to virtual device. Run the VirtualBox software to check for issues.

The adapter's IP address has to be in the same network (192.168.56.0/24 by default) as DHCP server's IP address and DHCP's IP address bounds. If all those addresses are not in the same network, then your Genymotion virtual device might not be able to start.

https://cloud.genymotion.com/page/faq/#collapse-blank

Sebagai catatan, pada saat instalasi Genymotion muncul pesan bahwa di laptop BalCod sudah ada terinstalasi Oracle VirtualBox, karena BalCod sudah memang menggunakan VirtualBox untuk Centos, jadi tidak lagi menginstall VirtualBox baru. Dan pesan bahwa Genymotion tidak mendapatkan ip address, BalCod tahu perlu settingan dhcp.

Jadi, langkah selanjutnya, BalCod membuka window Oracle VirtualBox Manager, di menu File | Preferences... | tab Network, akan terlihat VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter. Lanjutkan pengeditan settingan (klik icon obeng), pilih tab DHCP Server dan Enable Server, masukkan ip yang sesuai. Kembali ke window Genymotion dan Play lagi, akhirnya layar Welcome di sistim android muncul. ^_^

3 komentar:

  1. mau nanya gan, yang saya bingung itu masukin IP yang mana ke settingan DHCP servernya?

    server address nya?
    server mask?
    lower address inbound?
    upper address inbund?

    BalasHapus